ROBOTIK

Hanya mesin yang bisa “dikuasai” logika

Sometimes even the wisest of men and machines can be in error

Sometimes even the wisest of men and machines can be in error

Sebuah cerita bagus membandingkan otak manusia dengan computer. Contohnya ketika kau berjalan di tepi pantai dan sadar bahwa dompetmu hilang. Apa yang akan kau lakukan?

Dalam kondisi demikian, manusia akan menyusuri kembali jejak kakinya untuk mencari dompet. Dengan begitu dirinya akan memperoleh pengalaman.

Tapi computer akan menggunakan mesin pengeruk untuk mengeruk pantai tersebut. Dengan kemampuannya yang akurat. Ini adalah caranya untuk mencari sesuatu di tempat yang luas.

Tapi, dalam cara pikir computer ini ada satu kelemahan. Komputer hanya bisa memprediksi 15 langkah ke depan, selanjutnya dia tidak mungkin bisa memprediksi apa yang akan terjadi. Karena tidak memiliki apa yang disebut pengalaman.

Perhitungan yang tidak tercapai itu, ibarat munculnya fajar.

Aku menghargai kepintaran dan keanehanmu. Tapi berusahalah supaya tidak berakhir hanya pada keanehan itu. Dan kau akan mampu melintasi cakrawala itu.

About tengkuputeh

Cepat seperti angin // Tekun seperti hujan // Bergairah seperti api // Diam seperti gunung // Misterius seperti laut // Kejam seperti badai // Anggun seperti ngarai // Hening seperti hutan // Dalam seperti lembah // Lembut seperti awan // Tangguh seperti karang // Sederhana seperti debu // Menyelimuti seperti udara // Hangat seperti matahari // Luas seperti angkasa // Berserakan seperti abu //
This entry was posted in Asal Usil, Cerita and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s