PESAN KEPADA PENGUASA

Kisra Of Parthia

Kisra Of Parthia

Alkisah pada zaman dahulu kala, hidup di negeri Persi, seorang Kisra bernama Anusyirwan. Ketika masa kecilnya Anusyirwan, diserahkan oleh ayah bunda kepada guru untuk mempelajari adab dan akhlak yang tangguh untuk dapat mempunyai ilmu yang diperlukan guna melanjutkan kehidupan yang diwariskan orang tuannya nanti, menjadi raja.

Suatu kali guru memukulnya, tanpa ada kesalahan. Pukulan itu terasa sakit oleh Anusyirwan, dan dia mendendam, karena ia merasa tak bersalah. Setelah bertanya, apa sebab gurunya memukulnya, yang dirasakan sangat sakit. Dia mengatakan pukulan itu terasa lebih sakit lagi karena ia tidak melakukan kesalahan apa-apa.

Guru itu menjawab dengan tenang, “aku lihat tuanku, sangat berminat pada ilmu-ilmu itu. Aku berharap, supaya baginda menjadi raja pula, menganti ayahanda baginda. Aku ingin mengatakan kepada baginda, bagaimana pedihnya, perasaan teraniaya, supaya baginda jangan menganiaya rakyat yang tak bersalah setelah baginda berkuasa.”

Kisra Anusyirwan muda menjawab dengan hormat, “benar-benar tuan guru.”

Konon,  Anusyirwan semasa hidupnya terkenal akan keadilannya. Takkala Khalifah Al Makmun berkuasa di Baghdad , berhasil menemukan makam Kisra Anusyirwan didalamnya terdapat harta berlimpah tetapi ada suatu hal yang membuat mereka kagum yaitu jasad dari Kisra Anusyirwan tersebut masih utuh!

Ketika Khalifah Al-Makmun mengetahui hal tersebut beliau berkata “Maha suci Allah SWT yang melindungi penguasa yang adil meskipun dia adalah orang yang kafir (pemeluk agama Majusi), sekarang tutup dan sembunyikan kembali makam ini sesungguhnya aku tidak mau dalam sejarah nanti orang mengatakan bahwa Al-Makmun putra Harun Al-Rasyid adalah seorang penjarah makam.”

Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari ini semua.

About tengkuputeh

Cepat seperti angin // Tekun seperti hujan // Bergairah seperti api // Diam seperti gunung // Misterius seperti laut // Kejam seperti badai // Anggun seperti ngarai // Hening seperti hutan // Dalam seperti lembah // Lembut seperti awan // Tangguh seperti karang // Sederhana seperti debu // Menyelimuti seperti udara // Hangat seperti matahari // Luas seperti angkasa // Berserakan seperti abu //
This entry was posted in Cerita and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s