APALAH ARTINYA SEBUAH NAMA

What is a name?” Apalah artinya sebuah nama. Begitulah pertanyaan legendaries yang ditanyakan oleh seorang Shakespiere. Seolah pertanyaaan itu mempertanyakan mengapa nama itu sedemikian penting. Nama merupakan identitas yang mewakili citra dari yang dinamainya. Bagi seorang anak manusia dalam nama terdapat doa, harapan dari seorang orang tua untuk anaknya. Untuk karena itu jangan coba mengatakan bahwa nama seorang anak jelek apalagi di depan orang tuanya.

Tahukah anda? Bahwa salah satu kunci sukses adalah mengingat nama orang lain. Dengan mengingat nama orang lain maka orang tersebut akan merasa masih diingat dan dihargai. Oleh karena itu jangan pernah mengatakan bahwa anda lupa dengan nama orang lain, andaipun lupa usahakan untuk segera mengingatnya atau dalam kemungkinan yang paling buruk setidak-tidaknya cukup mengaku tahu saja dan menanyakan kabarnya sekarang.

Sejarah mancatat bahwa seorang Napoleon Bonaparte adalah salah seorang yang brilyan, salah satu kunci kesuksesannya adalah ia dapat dengan seksama manghafalkan nama-nama pasukannya, sesekali ia menanyakan kabar anak dan ibu dari pasukannya untuk menunjukkan perhatiannya baik itu seorang Jenderal maupun seorang prajurit biasa. Bayangkan, Perancis sebagai sebuah Negara dikeroyok oleh seluruh Eropa dan memenangkan banyak pertempuran. Walaupun akhirnya Napoleon kalah dan sempat dibuang ke pulau Elba di Selatan Perancis “dijemput kembali” oleh mantan anak buahnya untuk sekali lagi mengibarkan revolusi di Eropa dan walaupun sekali lagi ia terkalahkan kembali pada pertempuran pamungkas di Waterloo yang mengakibatkan sekali lagi ia dibuang ke pulau Saint Helena yang letaknya sangat jauh dari Eropa, rakyat Perancis sangat bangga dengan dirinya.

Memori otak kita bahkan memiliki keterbatasan, seorang Einstein pun memiliki batas. Ada cara untuk mengatasinya, lakukan pencatatan. Kita tak pernah tahu betapa bergunanya sebuah catatan kecil. Penulis sendiri melengkapi diri dengan catatan, untuk mengingat orang-orang, untuk mengingat berbagai peristiwa. Untuk belajar dari kesalahan-kesalahan tolol yang dilakukan guna berusaha menjadi manusia yang lebih baik. Siapa tahu catatan itu berguna di masa depan.

Terkadang keberhasilan datang dari hal yang sederhana. Untuk itu kita harus belajar, dan semoga kita termasuk diantara orang-orang yang selalu berkeinginan untuk belajar.

About tengkuputeh

Cepat seperti angin // Tekun seperti hujan // Bergairah seperti api // Diam seperti gunung // Misterius seperti laut // Kejam seperti badai // Anggun seperti ngarai // Hening seperti hutan // Dalam seperti lembah // Lembut seperti awan // Tangguh seperti karang // Sederhana seperti debu // Menyelimuti seperti udara // Hangat seperti matahari // Luas seperti angkasa // Berserakan seperti abu //
This entry was posted in Cuplikan Sejarah, Mari Berpikir, Pengembangan diri and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to APALAH ARTINYA SEBUAH NAMA

  1. jidat says:

    betull.. maka dari itu ingatlah jidatbaok.com adalah personal blog milik jidat… heee

  2. bocahcilik says:

    memberi nickname, atau mengingat-ingat hal yang paling disukai orang lain biasanya memudahkan kita mengingat orang itu.

    -tapi, pernah juga dateng ke kondangan gak dikenal sama orangnya. pas ngasih tau nick malahan langsung akrab. hahaha-

  3. si topan says:

    nama adalah doa itu sendiri…

  4. suryaden says:

    memang kesuksesan kadang dari hal kecil, demikian pula kegagalan juga bisa dari hal kecil pula… hmm aneh ya😀

  5. karangsati says:

    jadi
    betul nggak kalimat,
    apalah artiss..sebuah nama?

    lho?!

    hehehe…

  6. tengkuputeh says:

    Jidat ==> Iya, nama itu tlh melekat pada anda…

    Bocah Cilik a.k.a Mas Ucup Carrick ==> Hahahaha, ya ya. Sampai skrg Abu juga sering dipanggil dgn nick di community tertentu, sdg community lain malah ndak percaya abu itu abu, halah koq jd curhat…

    Topan ==> Iya benar bang…

    Suryaden ==> Kita tdk tergelincir oleh batu besar, tp oleh kerikil…

    Karang ==> Image artis, berarti jg brand image…

  7. ajengkol says:

    Arti sebuah nama bisa jadi doa loh hehehe tetep semangat ngeblog

  8. iya apalah arti sebuah nama jika tidak memiliki moral, tapi kalo dah terlanjur terkenal ya sayang juga yach🙂

  9. tengkuputeh says:

    ajengkol ==> Tetap semangat jg saudaraku….
    Bisnis ===> Nama dan moral, korelasinya mudah2an positif…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s